7 Buku yang Wajib Dibaca Copywriter





Membaca buku itu tidak bisa membuat kita pintar. Saya pernah menulis itu, tetapi dari buku jugalah saya mendapatkan banyak informasi teknis yang mengasah kemampuan menulis. Beberapa buku yang wajib dibaca copywriter ini bisa menjadi referensimu untuk mengasah kemampuan.


Menjadi seorang copywriter bukan hanya tentang menulis kalimat yang menarik, tetapi juga memahami psikologi pembaca, seni persuasi, dan cara menyampaikan pesan dengan efektif. Buku apa saja yang sudah saya baca dan akan saya baca karena direkomendasikan oleh copywriter lainnya?


The Copywriter’s Handbook

Buku ini sering disebut sebagai ‘kitab suci’ bagi para copywriter. Robert Bly memberikan panduan lengkap tentang dasar-dasar copywriting, mulai dari cara menulis Headline yang menarik hingga teknik menulis iklan yang efektif. 





Saya membaca buku ini di Google Playbook. Contoh yang menarik dari buku ini adalah pemberian contoh Headline sebanyak 38 jenis untuk kategori ‘swipe file’. Sampai saat ini, saya belum menemukan versi terjemahannya.

Building a Story Brand

Rasa-rasanya ini menjadi buku yang paling sering direkomendasikan ketika saya membaca artikel di website seorang copywriter. Saya membaca buku karya Donald Miller ini tidak hanya sekali. Buku ini sangat cocok dipakai copywriter yang ingin membuat konten dalam bentuk storytelling.





Donald Miller adalah seorang penulis skenario yang akhirnya menerapkan konsep menulis fiksi dalan konten storytelling. Konten semacam ini bisa kamu gunakan di dalam newsletter, blog, dan konten medsos. Jangan meremehkan kekuatan cerita. Kamu bisa memperkuat brand dan mudah meningkatkan konversi untuk peluncuran produk atau jasa.


Ogilvy on Advertising

Saya baru mau membaca buku ini. Salah satu job copywriting adalah menulis konten untuk ads. Karena saya punya merek sendiri yaitu Wordholic Class, saya pun tertarik untuk membacanya.




David Ogilvy adalah salah satu tokoh legendaris dalam dunia periklanan. Dalam buku ini, Ogilvy membagikan wawasan dan pengalaman berharga tentang cara membuat iklan yang tidak hanya menarik tetapi juga efektif dalam menjual produk. 

(Baca Juga: Formula AIDA, Dasar Copywriting Pemula)


Made to Stick

Pernahkah kamu menonton iklan yang sulit kamu lupakan karena sangat berkesan seperti iklan Thailand? Kamu mungkin juga masih terngiang-ngiang dengan slogan produk tertentu setelah mendengarkannya. Copywriting yang bisa membuat audiens terus teringat berarti sudah memiliki efek lekat.



Made to Stick yang ditulis oleh Chip Heath & Dan Heath ini membahas tentang apa yang membuat sebuah ide menjadi ‘lengket’ atau mudah diingat. Sebagai copywriter, kemampuan untuk membuat pesan yang diingat oleh audiens tentu sangat dibutuhkan.


Buku ini akan membantumu memahami elemen-elemen penting yang membuat sebuah pesan atau iklan berhasil memikat pembaca atau target audiens dari berbagai media.


Everybody Writes

Buku ini justru wajib dibaca tidak hanya oleh copywriter tetapi juga content writer. Ann Handley memberikan panduan praktis untuk menulis konten yang menarik dan efektif di era digital. 

Sebelum kamu mulai menulis konten, tentu kamu wajib menyusun draf dengan outline




Copywriter yang tidak jelas framework-nya bisa membuat konten jadi melenceng ke mana-mana dan tidak menghasilkan konversi. Salah satu poin yang saya gunakan hingga sekarang adalah konsep Mini Creative Brief.


Konsep Mini Creative Brief membuat copywriter dapat merumuskan secara singkat apa saja yang bisa menjadi fondasi dasar dari kontenmu dan terdiri dari Content, Context, serta Purpose.


Influence: The Psychology of Persuasion

Apakah kamu mengikuti akun Copyposse? Ini adalah jenama yang dibangun Alex Cattoni untuk melatih siapapun yang ingin menjadi copywriter profesional. Alex Cattoni merekomendasikan buku ini agar pola pikir kita jadi lebih fokus pada target audiens.



Robert Cialdini menjelaskan enam prinsip persuasi yang bisa kamu gunakan untuk mempengaruhi keputusan pembaca. Buku ini sangat penting bagi copywriter yang ingin memahami psikologi di balik perilaku konsumen.


Contagious: How to Build Word of Mouth in the Digital Age

Jonah Berger membahas tentang apa yang membuat sebuah pesan atau konten menjadi viral. Buku ini memberikan insight tentang bagaimana menciptakan konten yang memiliki daya tarik tinggi dan dapat menyebar luas di media sosial.




Buku ini masih masuk daftar baca saya yang mengular panjang. Saya pernah membaca buku berjudul
Invisible Influence yang ditulis oleh Jonah Berger juga. Copywriter perlu membaca buku psikologi perilaku agar mudah memahami konten yang cocok untuk target audiens tertentu.


Inilah tujuh buku yang wajib dibaca copywriter. Bagaimana denganmu? Buku apa yang sudah pernah kamu baca? (Baca Juga: Lakukan Ini Ketika Writer's Block Melanda)



0 Comments