Mengenal Formula AIDA: Dasar Copywriting Untuk Pemula



Dalam dunia digital marketing tentunya kita sudah tidak asing dengan copywriting, bukan?   adalah sebuah teknik menulis yang digunakan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan hal sesuai dengan yang penulis inginkan. Biasanya teknik ini digunakan untuk kebutuhan bisnis seperti menjual barang atau jasa.  

Dengan copywriting yang tepat, kita bisa meningkatkan penjualan. Maka dari itu teknik ini biasa disebut dengan “Menjual lewat tulisan”. Bagaimana sih sebuah tulisan bisa mempengaruhi tindakan seseorang dan bisa meningkatkan penjualan dalam bisnis? 


Ini dia cara mudah menulis copywriting dengan formula AIDA yang bisa dipraktekkan oleh pemula sekalipun:

  1. Attention

Hal pertama yang harus kita perhatikan dalam suatu tulisan atau konten adalah bagaimana menarik perhatian audiens dalam waktu 5-8 detik pertama. Jadi tulislah kalimat pertama yang bisa mengundang atensi audiens, jika kita bisa mendapatkan perhatian audiens secepat mungkin maka kemungkinan besar mereka akan meneruskan membaca tulisan kita sampai habis.


Kalimat pertama ini bisa terdiri dari pertanyaan yang relate dengan target audiens kita atau kalimat yang menunjukkan bahwa ini adalah solusi dari permasalahan kita. Misalnya, jika kita menjual produk kecantikan kulit, kita bisa membuat kalimat pertama seperti berikut: “Ingin kulit tampil berseri cerah dan bekas jerawat hilang hanya dalam 7 hari?”





  1. Interest

Setelah mendapatkan atensi dari audiens, hal berikutnya adalah membuat audiens tertarik dengan produk kita. Pada bagian interest ini kita bisa menyajikan hal-hal seperti fakta menarik mengenai produk kita, data statistik, studi kasus, bagaimana kondisi ideal yang diharapkan audiens dan alasan mengapa audiens harus membeli produk kita.


Misalnya: “Menurut penelitian 60% perempuan mengalami masalah kulit seperti kusam, berjerawat, pori-pori besar dan kulit berminyak. Skincare ini adalah jawaban untuk kulit berseri dan sehat impianmu!”


  1. Desire

Desire adalah bagaimana kita memunculkan hasrat audiens pada produk kita. Cara yang bisa dilakukan adalah menunjukkan apa saja kelebihan dari produk kita atau memancing rasa penasaran audiens pada produk kita.


Contohnya: “Dengan kandungan Niacinamide dan Glutathione, produk ini bisa membantu mencerahkan, menghaluskan, menyamarkan noda dan bekas jerawat. Kandungan tea tree oil dan vitamin B3 juga mampu mengurangi minyak, meringkas pori, mencegah timbulnya jerawat dan melembabkan kulit. Semua kandungan penting hanya dalam satu skincare saja!”





  1. Action 

Hal terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah call to action atau tindakan apa yang harus dilakukan oleh audiens jika tertarik dengan produk atau jasa yang kita jual. Misalnya mencantumkan nomer WhatsApp, toko di marketplace, menyertakan link pembelian dan lain sebagainya.


Jangan lupa selipkan kata-kata yang membuat pembeli terdesak misalnya peringatan jika stok terbatas, diskon hanya berlaku hari ini dan lain sebagainya. 


Contoh: “Diskon 50% hanya untuk pembelian hari ini! Yuk tunggu apa lagi? Buruan klik link yang ada di bio dan dapatkan kulit cantik impianmu!”



Mudah bukan memahami bagaimana konsep formula AIDA dalam copywriting? Sobat Wordholic jangan lupa praktekkan formula ini secara rutin ya, agar copywriting kita bisa semakin sempurna dan bisa punya daya tarik besar terhadap audiens.



Ditulis oleh: Arta Laras


0 Comments