Tools Penting Untuk Menulis Artikel Di Wordpress Bagi Pemula

 


Wordpress adalah salah satu website blog gratis yang bisa digunakan oleh siapapun. Karena gratis dan lebih fleksibel , tidak sedikit orang memilih Wordpress sebagai platform favoritnya.

Salah satu kegunaannya adalah untuk mempublikasikan hasil karya kita agar bisa dibaca oleh khalayak luas. Namun, bagi beberapa orang, khususnya para pengguna Wordpress pemula, masih banyak kendala yang dialami saat mengoperasikan Wordpress.

 

Kali ini Wordholic akan membahas 7 tools penting untuk menulis artikel di Wordpress bagi pemula. Berikut tipsnya :

1.       Pahami Perbedaan Tools Post dan Pages

 

 

Saat ingin mempublikasikan artikel di Wordpress, perhatikan dua tools ini. Post digunakan untuk menulis beragam artikel yang bisa kita otomatis urut berdasarkan tanggal terbaru atau kita atur sedemikian rupa berdasarkan kategorinya.

Misalnya saat membuat artikel mengenai tips menulis, review buku ataupun karya sastra, kita bisa menggunakan tools post ini. Letaknya ada di Dashboard Admin – Post – Add New. Tulis judul dan isi artikel yang diinginkan.

Sedangkan tools pages, berguna untuk artikel yang ingin kita tampilkan tanpa batas waktu atau tidak perlu diupdate dalam waktu yang cukup lama. Misalnya seperti biodata diri, kontak, syarat & ketentuan serta lain sebagainya.

Letaknya ada di Dashboard Admin – Pages – Add New. Kemudian dibagian kanan atur settingan lainnya seperti Document untuk mengatur halaman, Block untuk mengatur settingan block, dan Publish untuk mempublikasikan tulisan.

 

2.       Mengenal Perbedaan Tools Media Image dan Featured Image

 



 

Untuk memasukkan gambar, ada 2 tools yang harus dikenali oleh pengguna Wordpress pemula. Pertama ada tools Media Image, tools ini berguna untuk memasukkan media berupa gambar di dalam artikel kita, sehingga gambar ini tampil bersama paragraf teks kita.

Cara menambahkan gambar melalui Media Image adalah sebagai berikut, di dalam menu Post klik Media – Add Media – Upload Files kemudian pilih gambar yang diinginkan, dan atur ukuran serta letaknya.

 

 

Sedangkan Featured Image adalah sampul yang muncul di atas judul artikel saat ada di halaman homepage Wordpress. Biasanya gambar yang dipilih mewakili tema pembahasan artikel.

Cara menambahkan Featured Image, dibagian kanan menu Post, klik Set Featured Image kemudian pilih gambar yang ingin kamu tampilkan sebagai sampul.

 

3.       Mengatur Kategori Artikel



Hal lain yang tidak boleh dilewatkan oleh para penulis artikel di Wordpress adalah mengkategorikan tulisannya dengan tools Categories. Melalui tools ini kita bisa menyusun artikel berdasarkan tema.

Misalnya seperti Tips Menulis, Kesehatan, Finansial dan lain sebagainya. Hal ini juga mempermudah para pembaca untuk mencari artikel sesuai dengan kategori yang mereka inginkan.

Cara mengatur kategori artikel adalah klik Categories di sisi kanan saat masuk menu Post, pilih +Add New Category kemudian tuliskan judul kategori yang kamu inginkan.

 

4.       Atur Permalink dan Tags

 



 

Jangan lupa manfaatkan dua tools Wordpress yang bisa membuat artikel kita semakin mudah ditemukan pembaca, yaitu Permalink dan Tags. Permalink adalah tools untuk mengatur seperti apa link yang ingin kita tampilkan sebagai alamat artikel kita.

Cara mengaturnya, klik Edit di tab Permalink di bawah tab judul post kita. Kemudian tulis permalink yang diinginkan, usahakan mencakup keyword yang sesuai dengan pembahasan artikel kita.

Tags adalah keyword dari artikel kita. Dengan mencantumkan keyword di Tags, kita bisa mempermudah pembaca mencari artikel sejenis di website. Hal yang membedakan Categories dan Tags adalah Categories menunjukkan kategori tema artikel misalnya Tips Menulis.

Tags memuat detail dari kategori tersebut, misalnya Menulis Artikel, Menulis Cerpen dan lain sebagainya. Cara mengatur Tags, tulis keyword yang kita mau di bar Tags bagian kanan menu post. Lalu klik Add.

 

Nah demikian 7 tools penting di Wordpress yang harus kita ketahui, khususnya para pemula yang ingin mulai menulis artikel di Wordpress. Jangan lupa untuk tetap praktek dan terus berlatih yaa!

 

Ditulis oleh Arta Laras

0 Comments