5 Cara Mudah Temukan Niche untuk Blog


tips menentukan niche blog


Dalam dunia bisnis, niche merupakan hal yang difokuskan dan ditargetkan sebagi bagian dari sektor pasar. Secara garis besar niche bisa disebut sebagai suatu fokus pembahasan. 

Jika di dalam konteks blog, menemukan niche yang tepat untuk blog kita pastinya akan mempermudah kita dalam membangun dan mempromosikan blog kita nantinya serta menemukan audiens yang tepat.

Niche dalam blog bisa juga disebut sebagai jati diri. Misalnya kita ingin blog kita dikenal sebagai pusat informasi keuangan, maka niche blog kita adalah finansial atau keuangan. Memiliki fokus yang jelas dalam blog bisa membuat pembaca mudah menemukan informasi yang dicari dalam blog kita. 

Setelah kita memahami apa itu niche, sekarang Wordholic akan berbagi 5 cara mudah mengenali niche untuk blog kita, agar blog kita bisa semakin dikenal oleh para audiens, berikut tipsnya :


  1. Kenali Hal yang Kita Suka

Hal termudah yang bisa dilakukan saat mencari fokus untuk blog adalah mengenali diri sendiri. Dengan mengenali diri sendiri dan tau apa yang kita sukai, kita akan mudah menulis hal-hal tersebut sebagai niche blog kita.


Cara ini cocok untuk para pemula yang baru ingin memulai blog. Karena selain mempermudah kita untuk menemukan niche, menggunakan hal yang disukai sebagai fokus blog juga akan membuat kita merasa senang dan mudah dalam membangun blog.


tips menentukan niche blog



  1. Gunakan Topik yang Dikuasai

Sama dengan menggunaka hal yang kita sukai sebagai niche blog. Kita juga bisa memilih topik yang kita kuasai sebagai fokus pembahasan dalam blog kita. Misalnya kita seorang ahli di bidang media sosial, maka ada baiknya kita memilih pembahasan seputar media sosial sebagai niche blog kita.


  1. Sesuaikan dengan Bisnis yang sedang dijalani

Menyesuaikan niche blog dengan bisnis yang kita jalani juga merupakan pilihan yang baik. Hal ini dikarenakan kita bisa menyusun blog sekaligus promosi mengenai produk atau jasa yang sedang kita jual.


Maka kita tidak sekedar membagikan bacaan, namun juga turut serta mempromosikan bisnis kita.


  1. Lakukan Riset Tentang Niche yang Sedang Ramai diminati

Jika ingin mencari pengalaman baru dengan niche lain yang lebih menantang kita keluar dari zona nyaman atau ingin membangun blog baru dengan topik pembahasan lain, maka kita bisa melakukan riset terlebih dahulu.


Salah satu tools riset yang bisa digunakan adalah Google Trends. Dengan tools ini, kita bisa mengetahui topik apa yang sedang banyak dicari. Kita juga bisa membandingkan satu topik dengan topik lain sebagai bahan pertimbangan. Melalui grafik yang ditampilkan oleh Google Trends, kita bisa semakin mudah menentukan niche yang tepat untuk blog.


tips menentukan niche blog



  1. Pastikan Niche yang Dipilih Menguntungkan

Menguntungkan dalam hal ini bisa berupa profit materi. Menggunakan niche blog yang ramai diminati dan menguntungkan secara materi tentunya akan membuat kita semakin bersemangat mengembangkan blog.


Keuntungan di sini tidak sekadar berupa materi, tetapi bisa berupa relasi, jaringan dan pengalaman. Tentukan niche yang paling menguntungkan bagi diri kita.


Nah itu dia 5 cara untuk menemukan niche blog yang cocok untuk kita. Setelah menemukan fokus pembahasan yang tepat, maka kita bisa mulai membangun blog kita dan mengembangkannya secara maksimal. 


Ditulis oleh Arta Laras


4 Comments

  1. kadang klo bingung mau genre apa
    pilih aja personal blog
    jadi isinya seputar lifestyle dan sehari-hari

    ReplyDelete
  2. Dan emang mempermudah banget ya kak kalau nichenya sesuai sama kemampuan. Terus jadi bisa punya tempat eksplorasi terkait niche yang kita sukai

    ReplyDelete
  3. dulu aku nggak kepikiran soal niche, dan dari awal nulis, post blog lebih ke travel dan memang suka, akhirnya lebih ke penekanan ke travel story

    ReplyDelete