7 Cara Mudah Membuat Judul Artikel yang Menarik Beserta Contohnya


 


Sering nggak sih ngalamin waktu nulis artikel bingung mau bikin judul artikel? Wah, padahal judul juga bagian penting dalam artikel. Karena judul adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca saat mencari artikel kita. Kalau dari judul saja sudah tidak menarik, tentu saja pembaca akan malas melihat artikel kita sampai habis.

Kali ini Wordholic akan berbagi cara menulis judul artikel yang gampang banget dipraktekkan. 

 

1.       Gunakan Angka

Dengan menggunakan angka, secara psikologis pembaca bisa menerka-nerka sebanyak apa informasi yang akan didapat dari artikel kita. Selain itu menuliskan angka dalam judul juga memberikan kesan bahwa artikel kita dapat dibaca dengan cepat dan mudah dipahami karena berbentuk listicle atau poin-poin.

Contoh judul yang menggunakan angka : 7 Tips Merawat Kucing Newborn.

 


2.       Buat Judul yang Menjanjikan Perubahan

Salah satu tujuan orang membaca adalah untuk menambah pengetahuan. Artikel yang kita tulis bisa jadi merupakan pengetahuan baru untuk pembaca yang dapat mengubah mindset atau jalan hidupnya. Maka kita bisa menonjolkan hal tersebut dalam judul.

Contoh judul yang menjanjikan perubahan : 5 Buku Bacaan yang Merubah Caramu Menulis Jurnal Ilmiah.

 

3.       Tulis Kalimat yang Menawarkan Solusi

Mencari solusi juga menjadi alasan kenapa seseorang membaca artikel kita. Maka tunjukkan kalau artikel kita punya solusi yang mereka cari. Misalnya dengan membuat judul yang menuliskan kalimat “Solusi”, “Cara”, dan sebagainya.

Contoh judul yang menawarkan solusi : Cara Memasang Domain Blog Sendiri Untuk Pemula

 

4.       Bedakan Judul dan Topik

Beberapa orang menulis judul artikel dengan singkat karena menganggap judul memang harus sesingkat mungkin. Padahal tidak harus selalu singkat, namun bisa spesifik menjelaskan apa yang sedang kita bahas.

Kesalahan yang sering dilakukakan saat menulis judul artikel adalah menuliskan topik. Misalnya seseorang menulis judul “Tips Menulis Cerpen”, kalimat tersebut adalah topik bukan judul karena merupakan garis besar hal yang kita bahas.

Jadi jika kita ingin menulis judul dari topik tersebut, kita harus menuliskan secara spesifik tips menulis cerpen macam apa yang kita bahas dalam artikel kita. Misalnya: Tips Menulis Cerpen Mudah untuk Pemula.

 


5.       Buat Judul yang Mudah Dipahami

Jika artikel kita ditulis untuk orang awam, maka usahakan menggunakan padanan kata dan susunan kata yang mudah dipahami. Kecuali jika artikel yang kita tulis adalah artikel ilmiah yang tujuannya dibaca para ahli, maka gunakan istilah yang sesuai dan profesional.

Jadi yang harus penulis lakukan adalah memastikan bahwa judul artikel yang ditulis bisa dimengerti oleh target pembaca kita.

 

6.       Perhatikan Panjang Judul

Idealnya judul artikel berjumlah 5-10 kata. Tidak masalah jika judul sedikit panjang selama bisa menjelaskan isi artikel dengan baik. Tapi jika terlalu panjang, pembaca bisa malas membaca artikel kita.

Karena mereka akan berfikir jika judul saja sangat panjang, apa lagi isinya pasti membosankan. Jadi pastikan judul kita padat tapi bisa menggambarkan isi artikel kita.

 

7.       Pastikan Judul Berhubungan dengan Isi Artikel

Jangan sampai karena ingin menulis judul yang menarik pembaca, kita justru menulis judul click bait yang sebenarnya tidak berhubungan sama sekali dengan isi artikel. Hal itu tentunya membuat kesal para pembaca.

Jika pembaca sering kesal dengan isi blog kita, maka bisa dipastikan pembaca akan malas mengunjungi blog kita lagi. Waah, pastinya kita nggak pengin itu kejadian kaan?

 

Setelah paham bagaimana cara menulis judul artikel yang baik, sobat Wordholic bisa mulai menulis artikel seperti artikel yang SEO Friendly ataupun menulis konten viral. Yuk praktekkan di blog dan lihat bagaimana sebuah judul berpengaruh mampu menarik pembaca !

 

 

Ditulis Oleh: Arta Laras


0 Comments