5 Strategi Digital Menulis Konten Viral

 



Di zaman yang serba canggih ini, menyebarkan informasi sudah bukan hal yang sulit. Pernah nggak sih kamu melihat sebuah konten di media sosial, dan ternyata banyak juga orang yang sedang membicarakannya? Nah konten itu bisa disebut sebagai konten viral. 


Apa itu konten viral?

Viral adalah istilah untuk sesuatu yang menyebar secara cepat dan luas di kalangan masyarakat. Di era ini, sebuah konten bisa disebut viral saat ia ada di media sosial dan banyak sekali orang yang membicarakan serta membagikannya. (Baca Juga: 5 Tips Menulis Artikel untuk Pemula)

Tidak semua konten bisa menjadi viral, maka dari itu kita perlu memahami hal-hal yang bisa membuat sebuah konten menjadi menarik dan viral di kalangan masyarakat. 

Ada 2 hal yang bisa jadi alasan kenapa konten ramai diperbincangkan atau viral.
1. Konten tersebut pantas dibagikan
2. Konten dibagikan cukup luas dan memberi manfaat kepada orang yang membagikannya.


Strategi agar konten menjadi viral

Nah, Kali ini wordholic akan berbagi 5 strategi digital untuk menulis konten agar bisa menjadi viral :

  1. Riset Trend

Lakukan riset mengenai trend. Kita bisa mengetahui hal apa yang sedang ramai dibicarakan masyarakat di internet dengan menggunakan tools Google Analytics, BuzzSumo dan lain sebagainya.


Lakukan pendekatan berdasarkan trend yang ada. Kita bisa mulai untuk menulis dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang relevan.


  1. Tulis judul yang menarik

Judul yang menarik sudah dikenal sebagai resep agar sebuah konten bisa memancing banyak orang. Ada istilah click bait dalam penulisan judul. Click bait adalah sebutan untuk judul yang sangat menggugah. 


Namun apakah kalian tahu kalau tidak semua click bait menyenangkan bagi pembaca? Ada beberapa artikel yang mempunyai judul yang menarik namun ternyata isi kontennya sama sekali tidak ada berhubungan dengan judul. (Baca juga: Cara Menulis Artikel Pemula)







  1. Beri Ikatan Emosi yang Kuat

Jika konten yang kita tulis memiliki unsur cerita, usahakan kita menulis dengan melibatkan emosi yang kuat. Tulis kata-kata yang bisa membuat seseorang menjadi terbawa suasana. Sehingga pembaca ingin membagikan cerita tersebut ke orang lain. 


Jangan lupakan kekuatan Word of Mouth terhadap sebuah konten. Karena hal ini sangat berpengaruh. Saat pembaca merasa tertarik dengan sebuah konten, maka ia akan merekomendasikan kepada orang-orang disekitarnya. Begitu seterusnya sehingga konten kita bisa menjangkau pembaca lebih luas dan menjadi konten viral. 


  1. Beri Visual yang Menarik

Jangan lupa visualisasi juga punya kekuatan penting dalam sebuah konten di era digital ini. Hal ini dikarenakan banyak orang suka melihat gambar ataupun video.



  1. Aktif membagikan ke Media Sosial

Last but not least. Jangan lupa bagikan konten yang sudah kamu tulis ke sosial media yang kamu punya. Hal ini sangat penting karena kebanyakan konten viral berasal dari sosial media. Kamu juga bisa minta bantuan teman-temanmu untuk share konten yang kamu tulis. 


Jika tulisanmu memiliki nilai lebih atau sesuai dengan kebutuhan banyak orang, maka dengan sendirinya akan ada banyak pembaca yang secara sukarela membagikannya ke sosial media.


Hal penting yang perlu kamu ketahui adalah jangan berkecil hati jika kontenmu belum menyentuh jumlah pembaca yang kamu inginkan. Tetap konsisten menulis apapun yang ingin kamu bagikan. Jika bingung bagaimana menulis konten yang menarik, kamu bisa baca dulu artikel 5 Tips Menulis Konten Media Sosial yang Menarik 



Ditulis oleh Arta Laras

0 Comments