5 Langkah Menulis Artikel SEO Friendly

 



Saat kita mencari sesuatu, biasanya kita akan menuliskan kata kunci di pencarian Google atau search engine lainnya. Setelah itu Google akan menampilkan beberapa hasil pencarian. Kalian pernah bertanya-tanya tidak kok bisa sebuah artikel muncul di hasil pencarian paling atas?


Nah ini dia kuncinya. Kita perlu memahami apa itu SEO. SEO adalah Search Engine Optimization, sebuah upaya untuk mengoptimasi konten agar mudah ditemukan oleh search engine. Tujuan utamanya adalah konten kita bisa muncul di halaman pertama pencarian, sehingga peluang untuk dibuka banyak orang lebih besar.


Penasaran kan gimana caranya? Wordholic kali ini bakal bahas langkah menulis artikel SEO Friendly yang mudah dan bisa dipraktekkan pemula. 



  1. Lakukan riset keyword

Setelah menentukan tema apa yang akan dibahas, kita perlu mencari keyword atau kata kunci yang banyak dicari oleh para pembaca. Jadi saat menulis artikel SEO friendly kita harus memastikan kata kunci apa yang relevan dengan pembahasan kita.


Kata kunci ini nantinya diselipkan dan diulang-ulang penulisannya dalam artikel. Search engine akan mendeteksi kata itu relevan dengan pencarian seseorang dan memunculkannya ke halaman pencarian.


Beberapa tools yang bisa digunakan untuk riset keyword adalah keywordtool.io dan Ubersuggest . Dengan dua website ini, kita bisa mencari kata kunci mana yang tepat digunakan untuk artikel.






  1. Pahami susunan artikel

Bagian paragraf awal merupakan pengantar tentang topik yang akan kita bahas. Selanjutnya poin inti dari artikel dan terakhir ditutup dengan kesimpulan.


Ada baiknya jika kita menulis artikel dengan menggunakan listing. Listing adalah teknik menulis dengan menonjolkan poin-poin di dalam artikel kita. Misalnya menggunakan penomoran seperti artikel ini atau bisa juga menggunakan bullet point. (Baca juga: Kenapa Kita Perlu Menulis Blog)




  1. Perhatikan jumlah kata artikel

Idealnya sebuah artikel di internet memiliki jumlah kata sekitar 500 kata untuk artikel singkat dan 1000 kata untuk artikel yang sekiranya menjelaskan banyak hal kompleks atau memiliki beberapa sub pembahasan.


Artikel harus ditulis secara padat sehingga mudah dipahami. Jumlah kata yang tepat dalam sebuah artikel bisa membuat pembaca tidak mudah jenuh dan lelah.



  1. Letakkan link artikel sejenis

Manfaatkan artikel lain yang pernah kita tulis. Kita bisa meletakkan link artikel yang punya topik sejenis dengan artikel yang sedang ditulis. Rekomendasi artikel semacam ini bisa membuat berlama-lama di website kita karena tertarik dengan artikel-artikel lainnya. Durasi pengunjung di website kita juga punya pengaruh terhadap SEO kita. (Baca juga: Menulis Blog dengan Storytelling)





  1. Tulis Meta Description 

Meta Description adalah teks yang muncul di jendela pencarian. Teks ini muncul di bawah judul saat search engine menampilkan hasil pencarian. Jika kita menulis blog menggunakan wordpress kita diminta memasukkan meta description untuk mempermudah search engine mengidentifikasi artikel kita.



Tips menulis meta description yang tepat adalah memperhatikan jumlah kata, jangan sampai jumlah kata yang kita tulis terlalu panjang atau terlalu singkat. Jangan lupa sertakan keyword atau kata kunci yang sudah kita riset sebelumnya ke dalam meta description.


5 langkah ini bisa mulai kita terapkan pada konten-konten kita ya sobat Wordholic. Kalian harus tetap konsisten menulis agar search engine bisa menilai website kalian sebagai website yang aktif. Yuk mulai menulis dari sekarang !




Ditulis oleh: Arta Laras

0 Comments