5 Tips Membuat Konten Tiktok Auto FYP


tips konten tiktok


Tiktok merupakan aplikasi berbasis video yang kini sedang booming dan banyak digunakan masyarakat. Pengaruh aplikasi satu ini sangat signifikan terutama terhadap generasi muda, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai media marketing bisnis maupun personal branding.

Salah satu goals yang diinginkan banyak orang adalah mendapatkan banyak penonton dalam videonya. Karena jika video kita ditonton oleh banyak orang, maka otomatis tujuan kita yang lain juga akan mudah tercapai, misalnya terjualnya produk atau jasa yang ditawarkan, merek kita lebih dikenal oleh masyarakat dan lain sebagainya.

Cara supaya video kita mendapatkan banyak penonton adalah dengan masuk ke For Your Page orang lain, atau yang biasa dikenal pengguna Tiktok sebagai FYP. FYP ini adalah salah satu algoritma Tiktok dalam menampilkan video yang sekiranya diminati seorang pengguna. Kemudian bagaimana cara supaya video kita muncul dibanyak FYP pengguna? Kali ini Wordholic akan berbagi 5 tips membuat konten Tiktok auto FYP :


  1. Ikuti Tren yang Sedang Berlangsung

Tren yang diikuti bisa berupa gerakan ataupun konsep video. Memahami tren ini bisa kita lakukan dengan riset video apa yang sering muncul di FYP. Jangan lupa untuk melakukan improvisasi sesuai dengan merek kita.


Menggunakan filter yang sedang tren juga bisa menaikkan kemungkinan video kita muncul di FYP banyak orang. Hal ini dikarenakan filter juga merupakan salah satu fitur Tiktok yang sedang ramai digunakan.


Selain itu momentum mengunggah video juga harus secepat mungkin, karena semakin cepat kita mengikuti tren, semakin besar pula kemungkinan video kita dimunculkan di algoritma FYP Tiktok.


tips konten tiktok




  1. Masukkan Lagu yang viral

Menggunakan lagu yang viral juga salah satu indikator supaya video kita masuk ke FYP. Cara mengetahui lagu apa yang sedang viral, bisa kita lihat dengan cara :

  • Buka tambahkan video

  • Tambahkan Lagu

  • Klik Viral

  • Pilih lagu Top 10 di list viral


List lagu yang viral setiap beberapa hari sekali akan berganti, dikarenakan tren Tiktok yang cepat berubah. Sehingga kita harus sering-sering mengecek lagu apa yang sedang ada di list viral Tiktok. (Baca Juga: 4 Cara Membangun Personal Branding Content Writer)


  1. Menulis Caption dan Tagar yang Tren

Saat mengunggah video, kita harus menulis caption singkat. Bisa berupa penjelasan singkat tentang video, pertanyaan, ajakan dan lain sebagainya. Disarankan caption dari video tiktok tidak lebih dari 20 kata. Hal ini dikarenakan tampilan video Tiktok yang fullscreen, jika caption kita terlalu panjang maka akan menutupi tampilan video Tiktok kita. Dan penonton tidak bisa menikmati video kita dengan maksimal.


Hastag yang digunakan juga tidak perlu terlalu banyak. Cukup 2-4 hastag saja. Cara cek hastag yang sedang tren adalah klik tombol pencarian, di bawah bar pencarian akan muncul beberapa tren yang sedang naik. Bisa berupa hastag maupun lagu, dari sana kita bisa mengambil beberapa hastag yang tren untuk dituliskan di video kita.


tips konten tiktok


  1. Temukan Audiens yang Tepat

Algoritma Tiktok berbeda dengan Instagram, di Tiktok jika video kita ditampilkan ke beberapa orang dan orang tersebut menyukainya, maka video kita akan ditampilkan ke lebih banyak orang lagi. 


Audiens kita sudah mulai terbentuk dari video pertama yang kita unggah. Sehingga kita harus usahakan video pertama kita bisa mendatangkan orang-orang yang cocok dengan target pasar. Buat video pertama yang mendeskripsikan usaha kita, mengundang orang lain untuk bertanya ataupun mengajak orang lain berkomentar. 


(Baca Juga: Cara Menjadi Writerpeneur)


  1. Perhatikan Jam Ramai Akun

Untuk mengunggah konten reguler setiap harinya, kita perlu melihat jam ramai akun kita. Hal ini bisa di cek di 

  • Klik garis tiga di profil kita

  • Plih Alat Kreator

  • Pilih Analisis

  • Klik Pengikut

  • Di bagian bawah di kolom Aktivitas pengikut akan terlihat di jam berapa followers kita ramai mengunjungi profil.

Begitu mengetahui jam yang tepat untuk posting, kita bisa mengunggah video setiap harinya di jam tersebut. Namun jangan lupa untuk mengeceknya secara berkala, karena jam ini bisa berubah-ubah setiap harinya.


Nah itu dia 5 tips membuat konten Tiktok kita muncul di FYP banyak orang ala Wordholic. Gimana? Sudah mulai terbayang akan membuat konten apa saja?




Ditulis Oleh: Arta Laras

0 Comments