6 Cara Membuat Konten Instagram Tinggi Engagement




 Instagram adalah satu dari sekian banyak media sosial yang marak digunakan oleh masyarakat luas belakangan ini. Salah satu produk dari Facebook ini menjadi platform favorit masyarakat untuk mengunggah foto dan video. Oleh sebab itu makin banyaklah informasi mengenai tips konten Instagram agar menambah jumlah pengikur.

Tidak sekadar foto dan video kegiatan pribadi, platform ini juga digunakan oleh berbagai komunitas, content creator maupun sebagai media usaha. Hal ini dikarenakan User interface yang mudah dioperasikan serta beragam fitur Instagram bisa mendukung distribusi konten seluas mungkin.

Salah satu target dari para creator Instagram adalah mendapatkan engagement rate yang tinggi dalam akunnya. Hal ini bisa didapatkan dari ramainya interaksi yang ada di setiap postingan, misalnya seberapa banyak orang yang menyukai, mengomentari, menyimpan dan membagikan postingan tersebut.

Kali ini Wordholic akan berbagi cara membuat konten Instagram yang tinggi Engagement :

  1. Sertakan Hastag yang Relevan

Hastag merupakan fitur sederhana yang bisa kita gunakan agar mempermudah orang menemukan konten kita. Tuliskan 3-5 kata kunci yang relevan dengan konten yang diunggah. Hastag bisa disematkan di bagian akhir caption.


  1. Manfaatkan fitur Reels

Fitur ini dikeluarkan oleh Instagram di pertengah tahun 2021 ini. Reels merupakan video 30-60 detik dalam ukuran portrait. Dengan algoritma yang berbeda dengan postingan biasanya, konten reels memiliki potensi jangkauan yang jauh lebih luas. 


Kita bisa memanfaatkan reels untuk menjangkau lebih banyak pengunjung profil. Pastikan konten kita sangat eye catching di 3-5 detik pertama, hal ini akan membuat orang penasaran dan menonton video kita sampai akhir.


  1. Buat Snapgram yang Interaktif

Snapgram atau story Instagram kini juga menyediakan beragam fitur yang menyenangkan untuk digunakan, terdapat menu filter, brush, question box, music, stiker, GIF, dan masih banyak lagi.


Gunakan fitur-fitur yang mengundang orang lain membalas snapgram kita, misalnya seperti membuat question box sambil menanyakan rekomendasi film dan lain sebagainya. Hal ini akan meningkatkan interaksi dengan followers kita.






  1. Caption yang Mengundang Respon

Dalam menulis caption baik untuk postingan gambar ataupun video, pastikan di kalimat terakhir kita menyematkan kalimat pertanyaan atau ajakan untuk audiens menandai temannya. Misalnya “Yuk ajak teman yang mau kamu ajak kesini”.


Dengan cara tersebut kita bisa membuat postingan kita ramai komentar karena tanggapan dari audiens. Jangan lupa untuk membalas komentar yang ada, agar engagement rate akun kita semakin meningkat. 


  1. Manfaatkan fitur Ads

Cara ini bisa dimanfaatkan jika kita memiliki budget lebih untuk pendistribusian konten Instagram. Ads atau iklan di Instagram bisa mulai dari Rp20.000 saja, kita sudah bisa menentukan dengan segmentasi usia, jenis kelamin, lokasi dan ketertarikan apa orang yang akan melihat konten kita. 


Ads kerap digunakan untuk mempromosikan konten untuk bisnis ataupun sekedar membuat Brand Awareness akun kita meningkat. 






  1. Manfaatkan Fitur Kolaborasi

Fitur ini juga merupakan fitur baru dari Instagram di tahun 2021. Dengan fitur ini, kita bisa membuat 1 post yang tersambung pada 2 profil sekaligus. Fitur ini cocok digunakan untuk dua kreator yang ingin berkolaborasi agar cukup mengunggah 1 konten dan mendapatkan respon dari followers kita serta followers kolaborator. Hal ini tentu saling menguntungkan, karena nama kita bisa dikenal luas oleh followers kolaborator.


Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, pilih konten yang akan diunggah klik tandai orang pilih undang kolaborasi, tuliskan nama orang yang kita ajak untuk kolaborasi, tunggu undangan kita disetujui, maka konten tersebut akan terunggah di dua profil sekaligus.



Setelah mengetahui 6 cara membuat konten Instagram yang tinggi Engagement Rate ini, jangan lupa untuk menerapkannya ke akun Instagram masing-masing. Sobat Wordholic, Jangan lupa untuk update aplikasi Instagram secara berkala supaya kita bisa mendapatkan fitur-fitur terbaru lainnya yang tidak kalah menarik. 



Ditulis oleh Arta Laras

0 Comments