7 Tips Menulis Artikel Blog yang Menarik Untuk Pemula

 


Menulis artikel merupakan sebuah kegiatan yang bisa ditekuni siapa saja karena kemampuan menulis adalah skill yang bisa dilatih. Selain bisa menghasilkan uang, menulis artikel di blog juga bisa menjadi cara membagikan pengetahuan hingga membangun self branding.

Namun, masih banyak yang mengalami kebingungan dalam menulis artikel di blog. Kali ini Wordholic akan berbagi tips menulis artikel blog yang menarik untuk pemula !

 

1.       Tentukan Topik Pembahasan

Temukan pembahasan yang sesuai dengan minatmu. Jika kita menulis artikel di blog sesuai dengan minat kita atau sesuai dengan bagaimana orang mengenal kita, maka akan lebih mudah menemukan pasar pembaca.

 

2.       Perhatikan Panjang Artikel

Artikel yang terlalu panjang tentunya akan membuat pembaca bosan. Pastikan artikelmu padat dan tidak bertele-tele. Umumnya artikel di blog terdiri dari 500-1000 kata. Jika pembahasan kita belum selesai di satu artikel, kita melanjutkan artikel tersebut di judul baru dan menghubungkannya dengan tautan berikutnya agar pembaca bisa mudah melanjutkan bacaannya.

 

3.       Gunakan Gaya Bahasa yang Sesuai

Pilih gaya bahasa yang sesuai dengan isi blog kita. Meski kadang hal ini dianggap sepele, namun menemukan gaya bahasa yang tepat adalah salah satu hal penting yang bisa membuat tulisan menarik di mata pembaca.

Jika blog kita adalah blog dengan artikel-artikel santai seperti ulasan makanan, ulasan film, kumpulan tips dan lain sebagainya, gunakan gaya bahasa yang luwes. Menulislah seperti berbicara dengan teman. Sehingga pembaca merasa nyaman saat membaca tulisan kita.

Tapi jika blog kita adalah blog dengan artikel-artikel ilmiah, kumpulan berita dan sebagainya, maka menulislah dengan tatanan bahasa yang lugas dan formal. Agar blog kita terlihat professional di mata pembaca.

 


4.       Tulis Judul yang Menarik

Judul tentunya menjadi hal pertama yang dibaca oleh pembaca saat melihat artikel kita. Buatlah judul yang menunjukkan solusi, menjanjikan perubahan dan tentunya pastikan judul yang kita tulis berhubungan dengan isi artikel.

Sertakan juga angka dalam judul kita, misalnya “7 buku yang akan mengubah hidupmu”. Judul dengan angka akan lebih menarik karena pembaca punya ekspektasi 7 hal apa saja yang akan ia dapatkan saat membaca artikel kita.

Cara menulis judul selengkapnya juga bisa dibaca di 7 Cara Mudah Membuat Judul Artikel yang Menarik beserta Contohnya.

 

5.       Buat Artikel dengan Subheading

Menulis artikel dengan subheading adalah cara agar pembaca lebih mudah betah membaca artikel kita. Hal ini dikarenakan kebiasaan para pembaca lebih dulu melihat-lihat subheading artikel untuk menemukan hal yang mereka cari. Setelah itu mereka baru membaca isi artikel secara keseluruhan.

Jika artikel kita tanpa subheading, maka pembaca akan merasa artikel kita terlalu panjang dan malas untuk membacanya. Selain itu menulis artikel dengan subheading juga akan mempermudah kita dalam menulis beberapa pembahasan agar tetap terstruktur dan rapi.

 


6.       Sertakan Gambar atau Video Pendukung

Manusia merupakan makhluk visual, hal inilah yang menyebabkan manusia suka melihat hal-hal visual seperti gambar atau video. Maka dari itu, sebagai penulis artikel kita perlu menyelipkan gambar atau video pendukung yang sesuai dengan pembahasan kita.

 


7.       Rutin Mengunjungi Blog Orang Lain

Selain menemukan inspirasi, mengunjungi blog orang lain juga akan membuat kita tau hal apa yang sedang tren digunakan. Jangan lupa juga kunjungi blog orang-orang yang punya topik pembahasan mirip dengan kita untuk belajar bagaimana mereka menulis artikelnya. 

 

Setelah mengetahui bagaimana cara menulis artikel blog yang menarik, jangan lupa untuk diterapkan di blog masing-masing. Baca juga tips menulis ala Wordholic lainnya yaa! 

 

Ditulis oleh Arta Laras

0 Comments