Tips Monetisasi Blog untuk Menambah Penghasilan





Monetisasi adalah proses mengubah apapun menjadi alat pembayaran yang sah. Dalam hal ini yang akan dimonetisasi adalah blog kita sehingga kita bisa mendapat uang dari blog secara legal dan sah. 


Kapan kamu bisa mulai menghasilkan uang dari blog ?

Kita bisa mulai monetisasi blog saat sudah ramai pengunjung. Jadi mulailah menulis dan membangun branding blogmu agar diingat oleh pembaca. Misalnya saat seseorang mengalami kesulitan dalam hal teknologi, blog yang bisa dikunjungi adalah Jalantikus.com, androidponsel.com, dan sebagainya karena blog tersebut sudah terkenal dengan informasi tentang gadget dan teknologinya. 


Begitu juga saat kita merasa ingin membaca tentang gejala penyakit yang sedang kita alami, blog yang terlintas di pikiran adalah alodokter, klikdokter dan sebagainya. Nah, Itulah pentingnya membangun branding blog, agar saat seseorang butuh informasi terkait topik yang kita tulis, mereka akan ingat dengan blog kita.


Tentunya membangun branding blog ini tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Perlu kedisiplinan dan konsistensi dalam menulis. Saat branding blog kita sudah kuat, kita bisa lebih mudah untuk memonetisasinya. 


Ada beberapa cara mendapatkan uang dari blog, di antaranya adalah :

  • Pasang Adsense

  • Jual produk: Produk yang dijual beragam, bisa berupa produk fisik, produk digital bahkan E-Book. 

  • Program afiliasi

  • Menerima endorsement

Baca dulu penjelasan lengkap mengenai cara-cara mendapatkan uang dari blog






Kemudian langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan agar blog kita bisa dimonetisasi? Berikut adalah langkah monetisasi blog yang perlu kamu lakukan :


  1. Mulai rutin menulis

Tentukan jadwal rutin kapan kita harus mengunggah tulisan. Misalnya buat perjanjian dengan diri sendiri untuk rajin menulis untuk blog setidaknya sekali seminggu setiap hari rabu.


Supaya nantinya bisa menepati jadwal tersebut, kita perlu membuat list topik yang perlu kita tulis ke depannya. Siapkan catatan dan mulai tulis topik-topik apa saja yang perlu ditulis dua sampai empat minggu kedepan. 


Membuat list selama beberapa minggu berikutnya dapat membantu untuk pengumpulan ide apa yang akan kita tulis. Kalau sudah terkumpul, tinggal lakukan riset untuk melengkapi data tulisanmu.


  1. Rajin share tulisan 

Jangan lupa untuk rajin-rajin membagikan link tulisan blog ke sosial media, forum diskusi, grup-grup blogger dan lain sebagainya. 


Kita juga bisa meminta bantuan teman-teman untuk mempromosikan tulisan blog kita agar traffic pengunjung blog bisa semakin meningkat. Dengan cara itu juga, jangkauan blog kita dikenal oleh khalayak juga semakin meluas.


Nah, kalau blog kita sering dibagikan dan dibaca oleh banyak orang, peluang branding blog juga bisa semakin meningkat. Kesempatan orang mengingat blog kita juga meningkat serta kita bisa segera melakukan monetisasi blog. 



  1. Daftarkan ke Google Adsense

Saat blog kita berusia 3 bulan dan sudah mulai mendapatkan pengunjung harian yang lumayan banyak, kita bisa mulai mendaftarkan blog ke Google Adsense. Syarat monetisasi blog dengan Google Adsense adalah pemilik blog berusia minimal 18 tahun. 


Disarankan untuk cek terlebih dahulu apakah artikel-artikel yang ditulis di blog mengandung unsur pornografi, membahas obat-obatan terlarang, ataupun hal-hal ilegal lainnya karena hal tersebut bisa menghambat proses pendaftaran Adsense atau bahkan blog kita bisa ditolak. Pastikan juga artikel yang kita tulis bermanfaat dan berkualitas. 





Setelah itu kita bisa mulai mendaftar di Google Adsense. Lengkapi data-data yang diperlukan, jangan lupa isi data sesuai dengan kartu identitas. Hal ini berguna agar memudahkan proses pembayaran ke depannya. 


Saat data-data sudah terisi, kita akan diarahkan untuk memasukkan kode verifikasi adsense ke bagian ‘head’ di HTML blog kita. Kemudian proses verifikasi akan dijalankan, jika blog sudah di verifikasi oleh tim Google Adsense, maka iklan akan mulai tayang di blog kita.




  1. Mulai menjual produk lewat blog

Selain mendaftarkan blog ke Google Adsense, kita juga bisa melakukan monetisasi blog dengan cara menjual produk lewat blog kita. Misalnya menjual E-Book, jasa kursus, jasa penerjemah, atau produk-produk lainnya.


Jika kita menjual produk lewat blog, pastikan artikel-artikel yang kita buat mengandung unsur soft sellingSoft selling adalah teknik menjual secara halus. Kita bisa menyisipkan produk kita di antara pembahasan artikel atau di akhir artikel. Buat artikel yang berhubungan dengan produk yang kita jual, supaya pembaca memiliki profil sesuai target pasar kita.





  1. Mendaftarkan blog ke program Afiliasi

Opsi ini bisa juga dilakukan jika kita tidak ingin mendaftarkan blog ke Google Adsense. Melalui program ini kita bisa mendapat komisi setiap pengunjung mengklik banner afiliasi di blog kita.


Program afiliasi ini adalah bentuk kerjasama kita dengan suatu perusahaan dengan cara memasang banner perusahaan tersebut di halaman blog. 


Contoh perusahaan yang membuka program afiliasi adalah Lazada, perusahaan yang menjual hosting  domain dan lain sebagainya. Kita bisa mendaftarkan blog melalui website mereka dan mengikuti petunjuk pemasangan bannernya. 



Nah, itu dia langkah-langkah monetisasi blog dari Wordholic, yuk mulai lakukan langkah  termudah dari sekarang agar blog kita bisa segera menghasilkan uang.


0 Comments