Kenapa Kita Perlu Menulis Blog? Ini dia 4 Manfaatnya







Blog biasa dikenal sebagai bentuk digital dari jurnal. Kita bisa membagikan apapun yang kita ketahui dengan menuliskannya di blog. Misalnya kita memiliki minat dalam bidang fashion, kita bisa mulai menulis blog yang membahas seputar dunia fashion


Kegiatan menulis blog disebut sebagai kegiatan yang punya banyak manfaat namun murah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Di zaman ini blog tidak hanya menjadi kebutuhan untuk individu saja tetapi dalam bidang profesional misalnya dalam berbisnis, tidak jarang kita juga membutuhkan blog. 


Ada banyak platform blog yang bisa kita manfaatkan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Misalnya seperti blogger, wordpress dan lain sebagainya.


Berikut adalah manfaat dari menulis blog :


  1. Untuk mengekspresikan diri 

Salah satu keuntungan menulis blog adalah kita bisa dengan mudah mengekspresikan diri dan menuangkan isi pikiran. Menulis blog juga bisa membuat kita terhubung dengan orang-orang yang menyukai topik yang sama dengan kita. 


Misalnya saat kita menulis konten tentang memasak, maka kita berkesempatan untuk terhubung dengan pengunjung blog yang juga menyukai konten memasak. Hal ini bisa membuat kita lebih bebas secara psikis untuk menuangkan ide, perasaan dan ilmu dalam konten yang kita buat.


Selain itu, dengan melihat komentar serta respons para pembaca, kita bisa mendapatkan kepercayaan diri lebih dan juga kita bisa mendapat masukan tentang bagaimana tulisan kita.






  1. Menyebarkan pengetahuan

Kita bisa menyebarkan ilmu hanya dari jari-jari kita. Keberadaan blog membuat kita bisa dengan mudah menyebarkan pengetahuan yang kita kuasai kepada orang lain yang sedang mencari informasi atau memang sedang menggeluti hal yang sama dengan topik konten kita. 


Konten yang kita tulis bisa jadi tidak sekadar memberi pengetahuan baru untuk pembaca, tetapi juga bisa mengubah pola pikir atau bahkan hidup seseorang. Dengan begitu tentu saja pengetahuan yang kita miliki akan bermanfaat, bukan?



  1. Mengasah skill menulis

Tentunya dengan sering menulis konten di blog, kita akan terbiasa menerjemahkan apa yang ada dalam otak ke dalam kata-kata. Mengolah kata tentunya bukan hal yang mudah jika tidak terus-menerus dilatih.


Fungsi lain dari menulis blog adalah membuat kita tahu bagaimana gaya bahasa dan penulisan. Di bagian mana kita perlu belajar dan mengeksplor lebih jauh lagi.





  1. Membangun personal branding

Setelah blog kita dikenal oleh banyak orang, secara tidak langsung personal branding kita juga akan terangkat. Berikutnya orang akan mengenal kita sesuai dengan konten yang sudah dibuat. 


Dengan personal branding yang kuat tentunya kita akan mendapat beragam kemudahan misalnya saat kita melamar pekerjaan, mengikuti sebuah project dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan orang dapat menilai kita dari apa yang kita tulis, sehingga orang-orang bisa melihat kualitas kepenulisan.


Keberadaan blog juga bisa membuka kesempatan baru. Bisa jadi dengan rajin menulis blog, kita mendapat kesempatan untuk mengikuti acara-acara penting yang terbuka setelah rajin menulis blog.



Selain memiliki beragam manfaat menulis blog yang sudah disebutkan di atas, menulis blog juga bisa membuat kita memiliki penghasilan tambahan yang berasal dari iklan, program afiliasi dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai buat blog dan tulis apapun yang menurutmu bermanfaat !



4 Comments

  1. teraoi jiwa, salah satunya yang baik dari menulis

    ReplyDelete
  2. Walaupun banyak gangguan dari instagram, twitter, youtube, blog tetap jadi rumah ternyaman 😁

    ReplyDelete