Cara Mengasah Bakat Menulis Konten

 

tips menulis konten

Siapa nih yang suka ngerasa gak punya bakat nulis tapi pengen banget bisa nulis? Padahal menulis adalah salah satu bakat yang sebenarnya bisa diasah jika kita mau konsisten berusaha. Dengan menulis, kita bisa berbagi banyak hal serta bisa mengekspresikan diri melalui tulisan.


Wordholic Class kali ini akan berbagi cara mengasah bakat menulis konten untuk kalian semua. Berikut cara-cara yang perlu dilakukan agar kita memiliki skill menulis yang maksimal :


  1. Rajin Membaca

Membaca merupakan salah satu sumber inspirasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Kita bisa membiasakan diri untuk membaca segala hal. Mulai dari iklan, surat kabar, postingan sosial media, trending topik di Twitter hingga artikel penulis hebat di berbagai website.


Dengan membaca, kita akan menemukan hal baru dan ide segar untuk dituangkan dalam konten. Kemungkinan besar kita akan mendapatkan kosa kata baru setiap kali kita membaca. Tentunya kita juga tetap up to date dengan keadaan yang sedang terjadi.


Nah jadi mari kita mulai membiasakan diri untuk wajib membaca setiap hari. Paling tidak luangkan waktu 10 menit – 30 menit sehari untuk membaca buku, artikel, berita atau bacaan lain yang kita sukai. 


tips menulis konten




  1. Mencatat Semua Ide

Biasakan untuk mencatat ide yang lewat di pikiran kita. Saat mengembangkan bakat menulis, sekecil apapun ide jika dikembangkan dengan baik tetap bisa menjadi awal dari sebuah konten.


Catat ide yang terlintas dengan menulis poin-poin penting agar nantinya kita bisa mudah mengingat dan menulis konten tersebut. 


  1. Menulis Setiap Hari 

Konsisten menulis setiap hari meskipun hanya 200-500 kata bisa mengasah kemampuan menulis kita. Hal lain yang bisa dilakukan adalah membiasakan diri menulis jurnal atau diary. Karena dengan hal tersebut kita bisa melatih kemampuan menulis dan menggali sebarapa banyak kita memahami kosa kata.


Cara lain untuk melatih diri menulis setiap hari adalah ikut challenge seperti 30 Hari Menulis dan sebagainya. Atau kita juga bisa menantang diri kita untuk menghasilkan satu tulisan setiap hari di blog pribadi atau sosial media kita.


  1. Berani Mempublikasikan Tulisan

Menulis setiap hari tetapi tidak berani menunjukkan hasil karya ke depan umum, maka karya tidak bisa berkembang. Dengan publikasi tulisan, kita bisa mendapatkan umpan balik dari pembaca untuk perbaikan kualitas.


Maka dari itu publikasikan hasil karya ke blog, ke sosial media serta beranikan diri untuk mengirimkannya ke media online ataupun media cetak. Jika nantinya bisa sampai diterbitkan media, berarti kita sudah mengasah skill menulis kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. 


tips menulis konten




  1. Mengikuti Kelas Menulis

Dengan mengikuti beragam kelas menulis, kita bisa menambah pengetahuan kita mengenai trik menulis dan lain sebagainya. Selain itu kita bisa menjalin relasi dengan penulis lain dan menemukan mentor yang tepat untuk berkonsultasi mengenai karya.


Mungkin beberapa orang memang diberi kemampuan lebih dalam urusan menulis, namun jika tidak diasah dengan baik tetap saja tidak bisa maksimal. Begitu pula jika kita harus mati-matian belajar untuk mengasah bakat menulis, bisa jadi dengan berbagai latihan yang kita lakukan, skill menulis kita semakin meningkat dan maksimal. Jadi, yuk semangat menulis!




Ditulis oleh: Arta Laras

0 Comments