5 Aplikasi Untuk Menulis Novel Lewat Gadget

Menjadi penulis sekarang sudah bukan hal yang sulit dan mustahil lagi. Karena semakin berkembangnya zaman, kita dimudahkan dengan adanya beragam teknologi, termasuk dalam dunia tulis-menulis.

Kini siapa saja bisa menulis novel di manapun dan kapanpun. Salah satu caranya adalah menggunakan aplikasi menulis novel. Melalui aplikasi tersebut, kita juga bisa mempromosikan dan menunjukkan karya pada para pembaca hanya lewat gadget.

Berikut adalah 5 aplikasi menulis novel yang cocok digunakan oleh pemula sekalipun :

1.   Wattpad

Aplikasi satu ini sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Bahkan di kalangan penulis, Wattpad sudah lazim menjadi media yang digunakan untuk mempublikasikan karya. Wattpad juga menjadi salah satu aplikasi menulis novel di laptop yang sekaligus bisa di akses lewat HP.

Salah satu kelebihan Wattpad adalah siapapun dapat menerbitkan karyanya, menulis dan mempublikasikannya kapanpun. Untuk kemudian membagikannya ke media sosial yang kita punya.

Aplikasi menulis novel ini merupakan aplikasi gratis yang bisa diakses siapapun. Bahkan sudah banyak naskah yang ada di Wattpad akhirnya diadopsi oleh penerbit mayor dan diterbitkan dalam bentuk buku fisik.

2.   Storial.co

Aplikasi menulis novel di HP salah satunya adalah Storial.co. Lewat aplikasi ini kita bisa menulis naskah novel kita cukup lewat handphone saja. Tampilan dari aplikasi ini sangat menarik dan tentunya nyaman untuk dibaca.

Hal yang membuat Storial.co menarik adalah keberadaan ruang diskusi untuk komunitas penulisnya. Hal ini membuat para penulis bisa bebas berdiskusi, mencari inspirasi bahkan membangun relasi lewat ruang tersebut.

3.       Cabaca

Untuk para penulis yang ingin menggunakan aplikasi menulis novel dibayar, Cabaca bisa menjadi salah satu pilihan. Di sini para penulis bisa mendapatkan royalti karena di aplikasi ini para pembaca hanya bisa membaca secara gratis hanya di 3 bab awal. Jika ingin membaca bab selanjutnya, pembaca harus membeli kerang. Kerang inilah yang nantinya akan menjadi sumber royalti penulis.

Bagi para pembaca, cerita-cerita di aplikasi ini cukup nyaman dibaca karena sebelumnya sudah melalui proses review oleh para editor. Naskah novel yang terpilih tentunya memiliki alur cerita yang menarik serta sudah tertata rapi sesuai dengan aturan PUEBI yang baik dan benar.

4.       Noveltoon

Jangan khawatir kalau kita tidak punya laptop untuk menulis novel. Ada banyak aplikasi menulis novel di HP yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin, salah satunya adalah Noveltoon. Aplikasi ini bisa diakses pembaca dan penulis lewat handphone masing-masing.

Di aplikasi ini, para penulis bisa mendapatkan tip dari pembaca ceritanya. Selain itu pembaca juga bisa memberikan komentar, saran dan masukan untuk episode-episode berikutnya di Noveltoon.

Jangan khawatir dengan variasi cerita, terdapat banyak sekali genre cerita mulai dari romance, komedi hingga action di aplikasi ini. Naskah yang masuk juga sudah melalui proses moderasi sehingga aman untuk dibaca karena kalimat-kalimat yang kurang etis akan di sensor oleh editor.

5.       Kwikku

Kwikku adalah salah satu aplikasi menulis novel buatan anak bangsa. Aplikasi ini dibuat untuk menyalurkan bakat para generasi muda dalam bidang kepenulisan dan komik. Jadi Kwikku adalah gudangnya novel dan webtoon yang bisa diakses lewat android dan website.

Para penulis bisa mendapatkan pemasukan dari menulis novel dan menggambar webtoon di Kwikku. Selain itu terdapat juga beragam kompetisi yang dilaksanakan Kwikku dengan dewan juri para penulis dan komikus kondang. Keberadaan kompetisi ini, diharapkan para creator bisa semakin semangat meningkatkan kualitas karyanya.

Nah itu dia 5 aplikasi menulis novel yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. Jadi bagaimana? Sudah berniat menulis novel di aplikasi-aplikasi tersebut? Jangan lupa untuk tetap konsisten menulis yaaa, karena tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai.

0 Comments