Metode Pembelajaran yang Menyenangkan untuk Kelas yang Hidup




Kelas sepi dan semangat belajar siswa menurun yang memicu guru tertekan, merupakan masalah di dunia pendidikan. Lewat artikel ini saya akan berbagi cerita bagaimana membuat metode pembelajaran yang menyenangkan dan hidup. Karena kelas yang hidup dan menyenangkan akan meningkatkan minat belajar siswa.

Berikut metode pembelajaran yang menyenangkan yang akan menghidupkan kelas Anda.

Metode Dasar
Hari ini saya memilih tema "sport" untuk pembelajaran di kelas, metode pembelajaran ini saya adopsi dari permainan uno stacko.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah uno stacko tentunya, setelah itu print out daftar pertanyaan mengenai sport dan gunting daftar pertanyaan tersebut untuk ditempel di setiap stackoJangan lupa  untuk membagikan print out daftar pertanyaan kepada siswa untuk membantu siswa  dalam menjawab pertanyaan. Karena pengajar keren yang baik selalu memberikan dan menjelaskan materi sebelum memberikan tugas.



Anda bisa menjelaskan maksud dari pertanyaan yang ada di daftar dan memberikan contoh jawaban yang sesuai untuk memudahkan siswa dalam belajar menggunakan metode ini.

Setelah menjelaskan materi, Anda bisa membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapatkan satu set uno stacko. Guru menjelaskan bagaimana aturan main uno stacko (penjelasan aturan main uno stacko bisa dbaca di kemasan ) dan jangan lupa menjelaskan bahwa setiap siswa yang mengambil potongan stacko harus menjawab pertanyaan yang menempel di setiap potongan.  Misal siswa A mengambil potongan stacko kemudian potongan stacko diberikan kepada siswa B dan siswa B membacakan pertanyaan yang menempel di stacko kepada siswa A.

Jika siswa A tidak bisa menjawab atau salah menjawab, maka siswa A harus mengambil lagi potongan stacko sampai menjawab dengan benar. Kelompok yang terlebih dahulu merobohkan bangunan stacko berarti kalah dan akan mendapatkan hukuman dari kelompok yang menang.


Metode Alternatif
Guru bisa memberikan tema pertanyaan yang berbeda untuk setiap kelompok sehingga jika ada kelompok yang merobohkan bangunan stacko, guru bisa merolling pertanyaan dengan kelompok yang lain agar kosakata siswa bertambah.



Jika uno stacko dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggunakan stacko kayu yang lebih murah dengan harga 20-30 ribu rupiah yang bisa didapatkan di market place.


Inilah metode pembelajaran menyenangkan yang saya lakukan di kelas. Jika Anda tertarik untuk mencoba atau mengalami kesulitan dalam menggunakan metode pembelajaran ini, mari berdiskusi di kolom komentar. Anda bias berbagi metode ini untuk pendidik lainnya.


Keyword : metode pembelajaran yang menyenangkan

Ditulis oleh: Tri Wahyu Agustina-Surabaya-Peserta Writing Base 10 Agustus 2019

0 Comments