8 Alasan Kenapa Wordpress Cocok Untuk Pemula

 

 


Wordpress adalah salah satu platform blog terbesar di dunia, sekitar 30% website di mesin pencarian kita menggunakan Wordpress. Hal ini tidak mengherankan, karena banyak kelebihan Wordpress yang membuat para blogger memilih media ini sebagai wadah menulisnya.

Untuk memiliki blog di Wordpress caranya sangat mudah, cukup membuat akun di Wordpress.com, isi data yang dibutuhkan dan kita sudah bisa mendapatkan blog milik kita sendiri. Tinggal menyesuaikan pengaturan dan isinya sesuai keinginan. 

(Baca juga: Cara Mencari Niche Blog)

Kali ini Wordholic akan membahas 5 alasan kenapa wordpress cocok menjadi media blog seorang pemula :

1.       Wordpress Gratis

Seorang bloger pemula biasanya belum memiliki banyak modal untuk membangun website, mereka masih dalam tahap mencoba-coba menulis di blog, tentunya biaya yang besar untuk sebuah website akan sangat membebani penulis pemula.

Wordpress menyajikan beragam fitur dasar secara gratis. Sehingga para penulis tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli domain, hosting, theme dan lain sebagainya.

 

2.       Fitur yang Lengkap

Wordpress menyediakan beragam fitur gratis mulai dari yang dasar seperti menambahkan post artikel dengan Heading dan Sub-Heading, melampirkan gambar dan video, menyertakan tautan, mengatur menu navigasi, dan lain sebagainya.

Beragam fitur dasar tersebut bisa kita atur sesuai kebutuhan kita dan tentunya mudah dilakukan oleh pemula sekalipun.

 

3.       Merupakan Media yang SEO-Friendly

Pada Wordpress tersedia kolom meta text, meta tag dan lain sebagainya yang berguna untuk mempermudah mesin pencari menemukan tulisan kita.

Di kalangan para bloger, Wordpress memang dikenal memiliki CMS (Content Management System) yang sangat SEO-Friendly, sehingga tidak heran jika banyak blog yang ditampilkan mesin pencarian berasal dari Wordpress.

 


4.       Menyediakan Banyak Theme Gratis

Jika kita ingin menyesuaikan tampilan blog dengan gaya kita atau gaya tulisan kita, Theme yang disediakan oleh wordpress sangat beragam. Theme adalah tema tampilan blog kita saat dibuka oleh pengunjung, terdiri dari warna blog kita, font tulisan, letak menu navigasi dan lain sebagainya.

Dari repository Wordpress sendiri, terdapat lebih dari 7000 theme yang bisa kita gunakan secara gratis. Kita juga bisa mengunduh theme dari para developer lain atau bahkan membuat theme kita sendiri agar blog kita terlihat lebih eksklusif dan tidak pasaran.

 

5.       Tersedia Beragam Plugin yang Bisa Digunakan

Wordpress juga menyediakan beragam plugin tambahan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan blog kita. Misalnya plugin Contact Form 7 yang bisa menampilkan halaman kontak kita sehingga mempermudah calon klien menghubungi kita. 

Terdapat juga beragam plugin lainnya yang bisa memaksimalkan SEO seperti Yoast SEO, plugin WooCommerce untuk membuat blog kita menjadi toko online, Plugin Envira Gallery untuk membuat web portofolio dan masih banyak plugin lainnya.

 


6.       Dikenal Aman

Meskipun gratis, Wordpress memiliki sistem keamanan yang cukup baik. CMS Wordpress selalu update dengan isu keamanan yang ada, selain itu tersedia pula plugin WordFence yang bisa menambahkan keamanan ekstra di website, sehingga tidak perlu khawatir dengan keamanan data di website kita.

 

7.       Cocok Untuk Pemula Karena User Friendly

Tampilan setting Wordpress bisa disebut cukup User Friendly karena mudah dipahami dan dipelajari oleh pemula sekalipun. Bahkan kita bisa mengunduh aplikasi Wordpress dari handphone jika kita butuh menuliskan artikel baru tanpa harus membuka laptop.

 

8.       Memiliki Komunitas yang Besar

Wordpress dikenal karena memiliki komunitas pengguna yang sangat besar. Dalam komunitas ini kita bisa berdiskusi atau tanya jawab dengan sesama pengguna Wordpress. Tidak hanya itu terdapat beragam event menarik juga untuk memperdalam ilmu blog kita di platform Wordpress. Hal ini tentunya sangat berguna bagi seorang pemula.

 (Baca juga: Tips Menulis Artikel Blog Pemula)

Untuk menjadi sosok penulis blog yang sukses, tentunya kita harus memulainya dari nol. Sebagai pemula, Wordpress memang cocok menjadi blog pertama kita. Yuk sobat Wordholic mulai membangun blog kita sendiri!

 

Ditulis oleh Arta Laras

0 Comments