5 Langkah Menulis Review Produk yang Menarik

 



Saat ingin membeli suatu produk, terlebih jika hendak membelinya secara online, biasanya kita butuh hal lain untuk meyakinkan diri bahwa produk tersebut worth to buy. Hal yang umumnya dilakukan adalah mencari review atau ulasan produk tersebut di internet. 


Nah lalu bagaimana jika kita ingin menulis review produk yang menarik? Berikut langkah-langkahnya :

  1. Pahami detail produknya

Memahami detail produk tidak sekedar tahu kegunaan dan fungsinya. Namun, kita juga bisa menuliskan rincian material atau bahan barang tersebut, apakah ada bahan yang bisa men-trigger alergi, apakah bahannya aman untuk anak-anak dan lain-lain.


Cari tahu juga pangsa pasar produk tersebut, sehingga kita bisa tahu nantinya review produk yang kita tulis akan dibaca oleh orang-orang dengan demografi seperti apa.




  1. Observasi pengalaman pribadi dengan produk

Para pembaca biasanya tidak sekedar ingin tauh hal apa yang keren dari produk tersebut, tetapi mereka juga ingin tahu bagaimana produk tersebut berfungsi di kehidupan nyata.


Terlebih jika produk tersebut adalah produk kosmetik, para pembaca cenderung mencari referensi bagaimana kosmetik tersebut bereaksi di jenis kulit atau keadaan kulit yang sama dengan mereka.


Maka dari itu selama menggunakan produk, kita perlu mencatat beberapa hal penting seperti di mana kita bisa membeli produk tersebut secara aman, bagaimana cara memakainya, apa kendala selama penggunaan produk, apa dampak positif penggunaan produk tersebut, bagaimana cara penyimpanan atau perawatannya dan sebagainya. 




  1. Sertakan foto atau video 

Dengan menyertakan foto atau video, ulasan produk kita akan semakin terlihat kredibilitasnya. Tunjukkan bagaimana kemasan produk, bagaimana bentuk produk, bagaimana saat ia digunakan dan beragam foto atau video lainnya untuk mendukung tulisan kita.


Dengan keberadaan foto atau video, pembaca bisa memiliki gambaran tentang produk tersebut. Misalnya jika produk tersebut adalah sampo anti rontok, tunjukkan foto kemasannya, tekstur samponya, apakah ia sangat berbusa atau punya sedikit busa, dan bagaimana before-after penggunaan produk tersebut.






  1. Tuliskan kelebihan dan kekurangannya

Tulislah review produk yang jujur. Tuliskan kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Jika bisa, tuliskan juga saran hal-hal apa yang perlu dibenahi oleh produsen. Agar saat pihak produsen membaca ulasan produk dari kita, mereka mendapatkan feedback berupa saran. 


Sertakan juga rate 1-10 menurut pendapat kita untuk mempermudah pembaca mengidentifikasi apakah produk tersebut recommended atau tidak dari sudut pandang kita. 





  1. Buka kolom komentar untuk berdiskusi

Tips menulis review produk yang terakhir ini tidak kalah penting. Kita bisa membuka kolom komentar sebagai bahan diskusi dengan para pembaca. Pembaca bisa menuliskan pertanyaaan ataupun pendapatnya tentang produk tersebut di kolom komentar postingan kita.


Selain bisa saling bertukar pikiran, hal ini juga baik untuk media sosial atau website tempat kita menulis. Karena dengan demikian, engagement rate-nya akan meningkat.


Jika sudah memahami 5 langkah menulis review produk yang menarik, Yuk mulai menulis! Kita bisa mulai menulis review produk yang biasa kita gunakan sehari-hari.


0 Comments